Kamis, 26 Juli 2018

Radang Tenggorokanku Sembuh Dengan Minum Air Jahe


Jahe, tanaman akar rimpang ini selalu harus ada di dapur kami. Awalnya sih cuma dipakai untuk campuran bumbu masakan (hampir semua masakan bumbu Bali menggunakan jahe). Tapi sekarang jahe nggak cuma dipakai buat masak saja, karena jahe ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

Kalau dulu saya minum antibiotik setiap kali kena radang tenggorokan, sekarang saya sudah bilang say goodbye sama mereka.

Ada dua merek antibiotik yang dulu biasa saya pakai setiap kena radang, yakni: FG T..c..s dan De..rol - gak enak nyebutin merek.., mereka cukup membantu membebaskan saya dari radang tenggorokan (plus minum air hangat yang buanyaak..).

Sejak saya mencoba jahe untuk mengatasi radang tenggorokan, saya sudah nggak pernah nyetok dua obat tersebut. Karena jahe selain manjur untuk radang tenggorokan, masih banyak juga manfaat jahe lainnya untuk kesehatan, dan efek sampinya hampir nggak ada.

Kalo terkena radang tenggorokan biasanya ngerasa rada-rada kering di tenggorokan, susah nelan dan merasa gak nyaman gitu. Saya langsung bikin air jahe (bahasa sananya Ginger Tea) untuk mengatasi radang tengorokan saya biar nggak semakin parah.

Cara bikinnya gampang banget: jahe dikupas dan dicuci bersih. Siapkan beberapa iris jahe yang sudah bersih kemudian diseduh dengan air panas 1 gelas. Tunggu sebentar sampai kita bisa meminumnya, lalu minum selagi hangat. Saya biasanya minum beberapa kali sehari sampai tenggorokan merasa lega.

Kadang-kadang saya menambahkan green tea (teh hijau) saat menyeduhnya. Minuman green tea jahe juga bagus buat kesehatan dan cocok juga buat yang ingin melangsingkan badan.

Tapi buat ibu hamil, sebaiknya berkonsultasi ke dokter ya.. kalau ingin meminum jahe maupun green tea ini...

Bonus bacaan:
Jahe - Obat Tradisional Untuk Flu, Pilek dan Radang Tenggorokan
Jahe Untuk Melangsingkan Tubuh dan Menurunkan Berat Badan
Mengkonsumsi Jahe Berlebihan, Adakah Efek Sampingnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar