Sabtu, 29 Desember 2012

Minta tolong untuk setorkan uang tunai di ATM BCA, apakah ini modus baru penipuan?

Pagi ini saya ada janji sama klien untuk membawakan dokumen. Kebetulan jalan untuk kerumahnya melewati ATM BCA dan kebetulan juga saya ada keperluan untuk menarik uang. Jadi dalam perjalanan ke rumah klien tersebut, saya mampir di sebuah ATM BCA di Jalan Erlangga Gianyar.

Saat itu ATM lumayan ramai, jadi saya mesti antri. Saat nunggu giliran, seorang bapak2 menghampiri saya, dia bawa uang 50 ribuan satu bendel dan minta supaya saya meminjami dia kartu ATM. Katanya mau setor tunai tapi dia gak punya ATM. Wajahnya memelas dan bilang dia harus transfer uang itu segera. Saat itu saya lagi buru2 dan untung saja masih bisa berpikir jernih, jangan2 ini modus baru penipuan... Saya tolak dan saya bilang saya mau buru2 (emang bener sih, saya lagi mau ke rumah klien untuk bawain dokumen)..

Sebelumnya dia sempat minta tolong kepada seorang bapak2 yang ada disana. Tapi bapak2 itu menolak dan kemudian dia sibuk menarik uangnya. Orang2 disana yang melihat juga ikut2an menolak untuk menolong si bapak itu, rupanya mereka juga mempunyai kecurigaan yang sama seperti saya karena pakaian orang itu seperti orang lokal (pakai kamen, dsb), tapi gesture dan logatnya sama sekali tidak mirip orang lokal..

Sampai saya meninggalkan lokasi ATM tersebut orang itu masih disana. Saya pergi sambil berdoa seandainya orang itu memang berniat menipu.. semoga setiap orang yang masuk ke ATM tersebut dihindarkan dari penipuan..

Hal ini kembali mengingatkan kita supaya selalu waspada di setiap kesempatan. Mungkin saja bapak tadi bukan penipu, tapi tidak ada salahnya kita waspada..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar