Jumat, 04 November 2011

Hampir Kena Penipuan atas nama PT. Telkom

Jumat 28 Oktober jam 2 siang telepon rumah berdering. Bapak saya yang lagi menemani Basudewa bermain di dekat pesawat telepon langsung mengangkatnya, Saat itu saya lagi bikin mie kesukaan saya. Saya tidak mendengar dengan jelas percakapan mereka, tapi saya tahu Bapak menaruh gagang telepon, kemudian menghampiri saya ke dapur.

"Tolong catat nomor teleponnya. Itu dari Kantor Telkom Gianyar. Nomor telepon kita terpilih mendapat penghargaan dari Telkom dalam rangka hari Sumpah Pemuda. Hadiahnya Kulkas 2 pintu dan uang Rp. 5juta", kata Bapak kepada saya.

"Ah, jangan dipercaya, emang itu benar dari Telkom? Suruh dia kirim aja barangnya kesini", jawab saya dengan enggan. Hari gini mah banyak penipuan, jangan keburu ngiler deh diiming2i hadiah....

"Sudah Bapak suruh bawa ke sini, tapi orangnya minta kita menghubungi kantor Telkom Gianyar. Dia minta kita catat nomornya... Ayo ambil kertas dan pulpen.." Ya sudah, supaya Bapak nggak kecewa, saya akhirnya ke tempat telepon. Dan inilah percakapan saya dengan orang itu:

Saya              : "Halo..."
Si Penelepon  : "Halo.. siang bu, tolong dicatat nomor telepon kantor pusat Telkom Gianyar yaa.. Ini
                        nomornya: 0881xxxxxxx"
Saya              : "Ok, dengan siapa nanti saya harus bicara?"
Si Penelepon  : "Ibu bisa bicara dengan Kepala Telkom Gianyar, Bapak Dewa Prastika. Mohon segera ya,
                        Bu. Karena waktu kita sempit, supaya hadiahnya bisa dikirim sore ini".
Saya              : "Oh baik Pak, trimakasih.." kemudian telepon saya tutup.

Bapak dibelakang saya dengan semangat minta saya menghubungi nomor tadi. Aduuh, Bapak ini gimana sih, ini yang dikasi sama dia kan nomor HP, mana mungkin Kantor Telkom pakai nomor HP... Gini aja deh, saya tanya dulu ke temen saya yang di Telkom, bener gak sih Telkom lagi ada promo atau bagi2 hadiah..

Dan inilah konfirmasi dari teman saya:
100% betul ini penipuan. Pertama, kenapa yg dihubungi harus nomor HP 088 (fren) padahal yg ngadain undian Telkom. Kedua, kepala Telkom Gianyar pak Ketut Sudarsana. Jadi ya penipuan...

Ternyata Ibu teman saya juga pernah dapat telpon semacam ini, bahkan beliau sudah hampir membeli voucher Simpati 100rb 4 buah (disuruh nyiapin sama si penelepon, emang apa hubungannya undian Telkom sama kirim voucher Simpati???). Untung si penjual voucher ngingetin, akhirnya si Ibu nelpon temen saya dan selamatlah beliau dari penipuan..

Ahh.. ada2 saja cara2 orang untuk menipu..

1 komentar:

  1. terima kasih info nya... :D
    Saya juga dapat TV 21 inch dan uang 10 juta...
    wkwk...

    Setelah saya sempat browsing internet (sembari menelfon) saya menemukan situs ini. Saat itu saya juga menghubungi pihak pengundi di TV Swasta di Bali. Ternyata fiktif,
    Hehe...
    Sekali lagi, makasi infonya yaa...
    salam
    Adi,
    Sayan Ubud.

    BalasHapus