Sabtu, 12 Februari 2011

Mengatasi Kaki Bengkak Waktu Hamil

Apakah Anda mengalami kaki bengkak pada waktu hamil? Saya juga mengalami hal yang sama.. Gejala ini munculnya tidak selalu sama pada setiap ibu hamil. Pada kehamilan anak pertama, saya baru mengalami kaki bengkak ketika kehamilan mulai memasuki bulan ke-8, namun kali ini munculnya lebih awal.

Agak mengganggu memang, karena rasanya tidak nyaman dan kaki menjadi lebih berat dari biasanya (dan tentu saja menjadi perhatian orang). Namun masalah kaki bengkak diwaktu hamil ini bisa diminimalisir sehingga tidak terlalu mengganggu. Seorang teman yang sebelumnya pernah mengalami hal yang sama memberitahu saya, kaki bengkak pada waktu hamil disebabkan karena tubuh kita berusaha mempertahankan jumlah cairan sehingga kita tidak mengalami dehidrasi (mungkin karena tubuh kita merasa kita tidak cukup minum air putih), dan simpanan air itu akan terkumpul pada kaki apabila kita sering duduk dalam waktu lama atau kurang bergerak. Jadi alangkah baiknya apabila kita minum air putih lebih banyak dari pada ketika kita tidak hamil. Memang akibatnya kita akan sering kencing, namun itu normal dialami oleh ibu hamil, daripada dehidrasi, iya kan.. Nah sebaiknya minum air putihnya lebih banyak di siang hari, supaya di malam hari kita tidak terganggu dengan "pingin pipis", dan tidur bisa lebih nyenyak..

Selain itu ketika duduk atau sedang bersantai, sebaiknya posisi kaki ditinggikan sehingga cairan tidak mengumpul di kaki, misalnya menopang kaki dengan kursi lain, atau ketika tidur topang kaki dengan bantal sehingga posisinya sedikit lebih tinggi. Diatur supaya posisinya nyaman ya bu.., jangan terlalu lama juga supaya badannya tidak pegal..

Suka makan yang asin-asin ya? sebaiknya pada masa kehamilan dikurangi dulu makan makanan yang asin, karena dia berpengaruh juga pada kaki bengkak.. Jadi kalau pengen ngemil, sebaiknya diganti dengan buah saja supaya lebih sehat (selain itu buah - terutama pepaya membantu kita mencegah sembelit, karena kadang vitamin yang kita minum ketika hamil bisa juga mengakibatkan sembelit).

Semoga info di atas bermanfaat ya bu.. Selamat menantikan kelahiran si kecil..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar